Senin, 01 September 2014

[curhat series] Aku Mahasiswa Perantauan

aduh, malah curhat lagi, hehe, ini kan blog saya, suka-suka saya dong mau ngepost apaan.
jadi mumpung sekarang baru saja pengumuman kelulusan ya saya penginnya cuap-cuap tentang pengumuman kelulusan dan mahasiswa baru.

mumpung masih hangat-hangatnya di benak saya masalah kuliah yang identik dengan perantauan, syukur-syukur kalau tempat kuliahnya masih satu kota dengan tempat tinggalnya jadi gak perlu ngekost. yang kasihan paara mahasiswa yang nun jauh di sana rumahnya dan kudu mencari tempat tinggal sementara alias kosan.

nah kalo yang ngekos gue kurang tahu ya sistemnya gimana, yang jelas saran gue kalau lu gak bisa sosialisasi, lu harus belajar dari sekarang biar sama penghuni kosnya lu bisa akrab satu sama lain dan saling membantu.
eitttss... ngekos kan juga biasanya ada ibu kosnya tuh. nah sebagai mahasiswa ya lu harus tunduk sama peraturan ibu kosnya. anggap aja beliau itu ibu kedua setelah ibu lu. kalaupun ibu kos nya galak ya harus disyukuri juga, ibu mana sih yang tega ngebiarin anaknya rusak? pasti apapun itu untuk menunjang kebaikan dan keeksistensian kos itu juga.

mahasiswa perantauan juga identik dengan perubahan sikap dan tingkah laku, dan gue juga ngerasa. yaaah itu sih tergantug dari individunya mau berubah ke arah yang baik atau yang buruk. dan ingeett... mahasiswa perantauan, artinya kagak ada ibu bapak lu, alias lu sendiri di negeri orang.

lu harus bisa ngehemat uang dan bagi waktu antara belajar dan ngerjain pekerjaan yang biasa dilakuin ibu lu, masak, nyuci, dll deh. yaaah masih dalam tahap ringan lah.
nah abis lu pinter bersosialisasi dan ngelakuin pekerjaan rumah, di dalam dunia kampus lu harus pinter-pinter milih temen, apalagi kalau lingkungan kampusnya udah gak ngenakin, yah maksud gue banyak cabe dan terong. karena lu bisa terjerumus dalam lembah kenistaan.

gue jujur aja ya gue kadang susaaaah banget buat gak melenceng terhadap norma-norma yang udah dibuat oleh masyarakat lingkungan tempat tinggal gue, yah alhamdulillah gue masih bisa jaga. kecuali keluar malam lewat jam 10. sumpah gue tobat deh gak lagi.
gue ingetin yah,inget yang di kampung kalo lo mau maksiat. udah gitu aja/? paham kan maksud gue. ya inget aja penderitaan nyokap bokap lo buat bikin lo kuliah dan lo mau nyia-nyiain gitu aja perjuangan mereka? gue juga kadang mikir kok ini. tapi kadang setan menguasai hidup gue. maka terciptalah bolos kuliah dsb. tapi gue bolosnya pilih-pilih kok. kalo dosennya baik doang. hehehe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar