Kamis, 18 Oktober 2012

teknik berbicara


Teknik Berbicara
Buku yang berjudul Teknik Berbicara ini menjelaskan berbagai teknik berbicara, mulai dari presentasi, menjadi moderator, rapat dan wawancara. Buku ini menjelaskan tentang dasar-dasar berbicara efektif. Berbicara efektif merupakan cara penyampaian ide kepada orang secara lisan dengan cara yang mudah dipahami. Ini dapat dilakukan jika pembicaraan terjadi secara benar. Dasar-dasar berbicara efektif terdiri dari tiga unsur, yaitu pembukaan, isi atau inti permasalahan, dan penutup.
Teknik berbicara merupkan cara-cara berbicara, sehingga teknik ini berkaitan dengan prasyarat organis dan prasyarat bahasa. Prasyarat organis itu meliputi pengaturan napas, pengaturan suara, dan pengaturan tubuh. Sedangkan prasyarat bahasa meliputi dinamika bicara, ritme bicara, perbendaharaan kata dan susunan kalimat.
Buku ini juga menyajikan tentang trik-trik berbicara saat presentasi, menjadi moderator, pembawa acara, saat wawancara dan rapat.
Presentasi adalah kegiatan berbicara di hadapan hadirin. Presentasi juga mempunyai tata cara seperti, penyajian makalah secara lisan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, peserta mengajukan pertanyaan setelah penyajian makalah selesai,dst.
Moderator adalah penengah perbedaan pendapat dalam pembahasan masalah, adapun syarat menjadi moderator meliputi penampilan, sikap, kualitas, suara, variasi kata, wawasan, dan teknik berbicara. Moderator juga mempunya tugas dan tanggung jawab seperti membuka acara diskusi, menyampaikan topik pembicaraan, dst.
Pembawa acara merupakan orang yang memiliki kemampuan mengendalikan dan menyukseskan acara. Secara umum peran pembawa acara seperti mengumumkan acara atau susunan acara yang akan berjalan,menarik perhatian hadirin untuk mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir dan mengatasi hambatan-hambatan jalannya acara dan bertanggung jawab agar acara tetap berjalan lancar.
Wawancara merupakan teknik memperoleh data atau informasi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber. Pada saat wawancara juga memerlukan etika seperti menggunakan bahasa yang halus, baik, dan benar. Menghindari pertanyaan yang menyinggung perasaan, dsb.
Sidang atau rapat adalah pertemuan formal suatu organisasi untuk membahas masalah tertentu agar menghasilkan keputusan sebagai sebuah kebijaksaan organisasi. Dalam suatu rapat/sidang juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti tempat/ruangan, waktu, agenda acara/pembahasan, dsb. Dalam rapat juga harus mengetahui unsur pendukung, seperti unsur materi, unsur personel, dan unsur fasilitas.
Buku ini juga menjelaskan bagaimana cara mengatasi demam panggung. Demam panggung adalah ketakutan sosial yang disebabkan oleh perasaan pribadi. Buku ini akan semakin menunjang kita dalam berbicara sehingga kita bisa menjadi seorang pembicara yang hebat dan tidak mengalami demam panggung.

1 komentar:

  1. Ya kenapa mengenai bukunya aja tuk cara-cara berbicara dengan orang yang baru dikenal atau ke orang banyak gimana, misalkan diri kita pemalu gima mengantisipasinya agar bisa berbicara dengan lancar ???

    BalasHapus